fb G+ t b RSS

Wednesday, November 21, 2012

Penyebab Komputer Menjadi Lambat

Penyebab Komputer Lambat
Slow Computer
Biasanya sistem komputer setelah lama digunakan maka kinerjanya akan turun secara drastis. Ada banyak penyebab dari hal ini, tetapi sebagian besar dari penyebab tersebut dapat dengan mudah diatasi. Untuk sementar kamu dapat mengurungkan niat untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan upgrade hardware yang lebih mahal dengan membaca artikel ini.

berikut adalah daftar beberapa alasan umum mengapa kinerja PC  berjalan lambat, dan juga sedikit tips untuk mengatasinya.
  1. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan saat start up
    Pada windows Aplikasi dan driver akan berjalan otomatis ketika start up, jika Terlalu banyak aplikasi, atau aplikasi berat yang berjalan maka otomatis komputer akan lambat
    Untuk mengatasinya, klik Start, ketik msconfig dan hapus centang pada aplikasi yang tidak perlu di tab Startup.

  2. Hard drive terrfragmetasi
    Salah satu alasan paling umum mengapa PC kamu terasa lambat karena hard drive terfragmentasi. Setelah masa penggunaan yang cukup lama, file pada harddisk tidak terurut lagi dengan benar,
    Untuk mengatasinya, kamu dapat menggunakan fitur optimize defragment dari Windows, dengan mengklik kanan ikon pada drive yang akan di defrag dan pilih Properties > Tools> Defragment.

  3. Terlalu banyak file-file temporary
    File sementara yang disebut Temp file (*.tmp) dibuat saat kita menjalankan web browser. Namun sayangnya pada beberapa pengguna yang gemar browsing, setelah aplikasi browser digunakan, jarang  dari pengguna menghapus file-file temp tersebut. maka Setelah waktu yang lama, ukuran semua file-file temp akan bertambah dan jika penggunaan kapasitas hard drive sebesar 90%, maka kamu akan melihat kinerja sistem sangat berkurang dan lambat.
    Untuk mengatasinya, kamu dapat mencari dan menghapus file-file temp tersebut. Pertama kamu harus mengubah pengaturan folder options dengan mengaktifkan view show hiden file and folder dan menghilangkan centang hide operating sistem, Lalu pergi ke Windows\Temp dan Documents and Settings \Username\Local Settings\Temp pada windows 7 dan 8 biasanya terletak pada Users\AppData\Local\Temp dan menghapus secara manual file-file *.tmp tersebut. tetapi saya lebih sangat-sangat menyarankan menggunakan aplikasi seperti CCleaner untuk menghapus file temp tersebut

  4. Konfigurasi Page file yang salah
    pagefile mungkin mengalami beberapa kesalahan dan menyebabkan masalah dan mengurangi kinerja sistem. virtual memori yang digunakan pada hard drive Anda merupakan bagian yang digunakan dalam pengolahan sistem, satu digunakan untuk menyimpan data sementara. Biasanya Windows secara otomatis akan menyesuaikan pengaturan Pagefile untuk hasil terbaik,keterbatasan kapasitas tersebut menyebabkan lambatnya kinerja dalam menjalankan aplikasi secara bersamaan.
    Untuk memperbaiki ini, kamu dapat secara manual mengkonfigurasi Pagefile dan meningkatkan jumlah penggunaan memori yang dibutuhkan. Dengan run (windows R) dan ketikkan sysdm.cpl. Pada tab Advanced pilih setting. Pergi ke tab Advanced, klik Change di bawah Virtual memory. Hilangkan centang pada tanda automatically managing paging file, dan kamu dapat meningkatkan kapasitas Pagefile up, biasanya 1,5 sampai 3 kali dari jumlah RAM, Jadi, seandainya RAM yang terpasang di komputer berkapasitas 256MB maka ukuran page file untuk :
    Initial Size adalah 256 x 1,5 = 384 MB, dan
    Maximum Size adalah 256 x 3 = 768 MB
    sekedar tambahan, Jika hanya ada satu harddisk di komputer maka letakkan page file di partisi yang jarang diakses dan tidak berisi sistem operasi Windows. Namun jika ada dua harddisk maka letakkan page file di harddisk yang tidak berisi system operasi Windows. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses baca/tulis data, tetapi saya tidak menyarankan untuk melakukan pengaturan in.

  5. Uninstall aplikasi menyebabkan kesalahan pada Registry
    Seringkali penghapusan aplikasi pada Windows tidak menghapus semua yang berhubungan dengan aplikasi tersebut.Hal ini terkadang menyebabkan beberapa kesalahan dalam Registry Windows, yang dapat memperlambat sistem, dan bahkan menyebabkan beberapa kesalahan seperti tidak bisa boot dari mode sleep / standby.
    Untuk mengatasinya, kamu dapat menggunakan perangkat lunak dengan fitur memperbaiki kesalahan Windows Registry. Saat ini ada banyak perangkat lunak tersebut, CCleaner adalah software yang bisa digunakan untuk memperbaiki fitur Windows Registry, pastikan backp registy sebelum memfix.

  6. Kecepatan jaringan yang lambat
    Kecepatan jaringan tidak secara langsung mempengaruhi kinerja komputer Anda. Namun, dalam beberapa kasus, Anda dowload begitu banyak file pada saat yang sama menggunakan aplikasi, kecepatan jaringan yang lambat dapat berakibat buruk mempengaruhi kinerja komputer Anda.
    Untuk mengatasinya, Anda dapat memeriksa koneksi internet, jika Anda menggunakan router Wi-Fi hotspot pastikan stabilitas sinyal terbaik

  7. Virus dan Malware
    Virus dan malware lainnya adalah penyebab utama dari masalah pada sistem Anda dapat menyebabkan kinerja komputer Anda secara signifikan berkurang.  tidak hanya virus, trojan, spyware, atau malware, namun juga banyak Toolbar, aplikasi Facebook juga bisa menjadi perangkat lunak berbahaya dan mempengaruhi sistem.
    Untuk mengatasi hal ini, cara paling sederhana adalah Anda selalu menjalankan software antivirus dan melakukan scaning pada komputer jika komputer tersebut telah terinfeksi virus.

  8. Anti-virus
    Perangkat lunak antivirus merupakan bagian penting dari pengguna komputer. Namun software antivirus tersebut sering dikaitkan dengan penggunaan banyak RAM pada komputer saat beroprasi. Jadi, untuk beberapa tipe komputer sengan spesifikasi yang lemah, ketidakcocokan software antivirus tersebut dapat mempengaruhi kinerja sistem. Selain itu, jika kamu menginstal lebih dari satu anti-virus pada perangkat, maka dapat menyebabkan konflik dan mempengaruhi sistem operasi dan juga kecepatan komputer.
    Kamu dapat memeriksa apakah antivirus tersebut menggunakan banyak memori dengan membuka Task Manager. solusinya kamu mungkin akan memilih antivirus yang lebih ringan atau Tindakan lain adalah untuk tidak menggunakan dua software anti-virus sekaligus pada saat yang sama.

  9. Hardware sudah usang
    Penyebab yang sederhana dan paling umum adalah, karena komponen hardware komputer anda sudah tua seperti muka anda, jiah, wk. kinerjanya yang sudah melemah menyebabkan komputer berjalan lambat seperti keong. Secara khusus, RAM bertanggung jawab untuk menyimpan data yang digunakan dan CPU bertanggung jawab untuk menangani pengoperasian sistem dan kerja aplikasi, ini adalah dua komponen yang paling penting dan perlu untuk kamu upgrade jika ingin meningkatkan kecepatan untuk sebuah PC. Sebuah hard drive dengan teknologi baru juga bisa berkontribusi untuk mempercepat sistem pada perangkat tersebut nantinya.

  10. Debu
    Salah satu musuh terbesar dari komputer Anda adalah debu, beberapa komponen yang paling sering terkena adalah, chassis dan kipas, dan juga heatsink dan juga muka anda, wk. hal ini akan mengurangi kemampuan pembuangan udara panas dari sistem. Komponen khusus seperti CPU dan VGA pada dasarnya menghasilkann panas, dan jika  radiator tidak bekerja dengan baik maka dapat menyebabkan dampak yang besar pada kinerja bahkan hal buruk bisa terjadi seperti bagian komponen tersebut  akan terbakar dan rusak. kamu dapat secara teratur membersihkan debu pada peralatan di dalam mesin.

Selain penyebab dan solusi yang disebutkan di atas, untuk mempercepat komputer Anda, kamu dapat membaca artikel cara meningkatkan kinerja windows atau bisa juga menggunakan tools atau software seperti CCleaner atau TuneUp Utilities.
Terimakasih Telah Membaca Artikel Penyebab Komputer Menjadi Lambat, Silahkan Share Ke Teman-teman Anda. jika ingin copas, harap cantumkan link sumber menuju blog ini. Sempatkan Juga Untuk Membaca Artikel yang lain.

15 Response to "Penyebab Komputer Menjadi Lambat"

  1. karena habis m i nos nya , hehehehe tambah2 koment comment back?

    ReplyDelete
    Replies
    1. akhi nda pernah komeng di blog ku *jitakkkk

      keren inpo nya wan, sekeren templateku wkwkwk *promosi*

      Delete
  2. woooyyy jangan bercinta disini, fokus ke topik, wkwkw

    ReplyDelete
  3. saya trauma dgn tuneup utilities, keasikan ingin memfix malah berakibat fatal, registry ga terpikir utk di backup. btw dimana letaknya semua registry yg ada di tengtop?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo tune up harus tau bnyak fungsinya, lbh baik pakai ccleaner krna mudah, selengkapnya liat di regedit

      Delete
    2. maacih wawan tampan inpu nya :D

      Delete
    3. *mangap*
      *pinsan*
      *diberi nafas buatan sama melody* wkwk

      Delete
  4. Kayakx salah tulis mas bro...
    Maunya Msconfig bukan msonfig...hehehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke thanks koreksinya, sudah saya diperbaiki sob

      Delete
  5. gambarnya menakutkan... Kompi lelet di palu palu wkwkwk

    ReplyDelete
  6. hadir artikelnya terupdate terus,, semangat bro....

    ReplyDelete
    Replies
    1. beberapa hari ini agak sibuk sob, jadi mungkin sekarang kurang artikel nih, semangat juga sob, jgan lupakan blogger, wk

      Delete
  7. Sekarang kan sudah ada Windows 8, yang katanya super ringan, jadi kalau mau ringan tidak usah ribet2 lagi, langsung install aja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. neng nong neng, biar os-nya ringan tapi kalau start up bejibun, beternak virus, banyak cache, de el el, tetap saja pasti akan lelet, oleh karena itu sodara sodaraku sekalian, silahkan baca artikel diatas yang bisa berguna untuk mengetahui penyebab komputer jadi lambat, atau bisa juga membaca artikel cara memercepat windows 7 sekedar tambahan dan bisa diterapkan juga pada windows 8

      *dan penonton pun bertepuk (sebelah) tangan*

      Delete

If you found broken links in this website, Please notify me so I can fix them.