fb G+ t b RSS

Friday, November 2, 2012

6 Hal Yang Harus Dicoba Sebelum Membeli Notebook

6 Hal yang Harus Dicoba Sebelum Membeli Laptop
Setiap kali Anda pergi ke toko untuk memilih sebuah laptop, SPG selalu "merayu" pelanggan agar membeli barangnya (aehh barang apa nih, wk) tersebut sehingga membuat pelanggan tergoda atau grogi, wk dan langsung membeli tanpa mencoba perangkat terlebih dahulu. entah karena terlena ataupun tidak mengerti karena kebetulan atau disengaja sehingga pelanggan lupa mencoba beberapa fitur pada laptop tersebut, sebenarnya banyak fitur penting yang secara langsung mempengaruhi pengoperasian laptop nanti.

Tentunya sebelum membeli, kita sudah mengetahui tipe laptop yang sesuai dengan kebutuhan kita, kita juga bisa membaca review produk atau katalog yang tersedia di toko tersebut atau sekedar mencari reviewnya diinternet dan forum-forum online, tapi ingat pada saat kamu membeli, sebenarnya ada ada sejumlah fitur dan spesifikasi yang penjual tidak beritahukan, karena ini akan berpengaruh pada keputusan pembeli untuk membeli atau tidak.

Berikut adalah 6 langkah dasar yang perlu Anda lakukan ketika akan membeli laptop/netbook/notebook.

Catatan: Pemeriksaan ini terutama dikhususkan pada hardware, jadi pastikan bahwa laptop yang akan kamu beli telah terinstal semua software dan driver yang diperlukan.
1. Periksa Touchpad
Permukaan touchpad yang buruk akan menjadi sangat mengganggu nantinya. Selain itu, sentuhan baru pada OS Windows 8 juga akan meningkatkan kemampuan touchpad lebih banyak.
Bagaimana cara kita memeriksa touchpad apakah sudah bekerja baik atau tidak? Ini sederhana, Anda pergi ke folder atau explorer untuk memeriksa fungsi zoom in/out dengan menyeret dua jari di sepanjang diagonal dari touchpad. Selanjutnya, pergi ke browser dan memeriksa halaman bergulir.

2. Keyboard
Jika kamu membeli laptop untuk keperluan pekerjaan, lebih khusus untuk melakukan tugas-tugas kantor seperti word atau menulis surat, pastikan bahwa keyboard tersebut tahan lama dan cukup nyaman untuk tugas-tugas tersebut.
Keyboard merupakan salah satu perangkat penting yang sering kita pakai pada saat menggunakan komputer, tanpa adanya keyboard komputer kita engga akan bisa bekerja dengan maksimal.
cara buat mengetahui apakah keyboard kita benar-benar handal atau tidak.
kita cukup mengetikkan kalimat “the quick brown fox jumps over the lazy dog”pada notepad

Buka Notepad pada komputer .
Tekan dan tahan tombol shift kiri dan shift kanan pada Keyboard .
Ketik kalimat “the quick brown fox jumps over the lazy dog”. (Ingat tombol shift kiri dan shift kanan jangan di lepas).

Mengapa harus menulis kalimat “the quick brown fox jumps over the lazy dog” ?

"The quick brown fox jumps over the lazy dog" is an English-language pangram – a phrase that contains all of the letters of the English alphabet. It has been used to test typewriters and computer keyboards, and in other applications involving all of the letters in the English alphabet. Owing to its brevity and coherence, it has become widely known.(sumber: wikipedia)

Hasilnya dilihat apakah tulisan yang keluar lengkap sesuai dengan kata-kata di atas atau ada huruf yang hilang.
Semakin banyak huruf yang tidak keluar, maka semakin tidak bagus kualitas keyboard tersebut .

3. Webcam
Bagi yang sering narsis dan sering mengupload video ke youtube bak shinta dan jojo pasti membutuhkan webcam pada laptop, Laptop terbaru sekarang memiliki kualitas webcam cukup baik, kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Skype atau Cyberlink YouCam. Tapi untuk memastikan, nyalakan aplikasi webcam standar di laptop  untuk menguji kualitas gambar. Silakan perhatikan kualitas gambar serta tepi layar untuk memastikan tidak ada masalah terjadi selama proses perakitan.

4. Layar
Layar selalu menjadi bagian terpenting dari setiap laptop, alangkah lebih baiknya jika mengetahui resolusi layar, jenis layar, dan garansi yang diberikan. ini berguna terutama ketika Anda membeli laptop untuk bermain game atau dengan grafik tingg
jika ingin membeli laptop dengan spek yang agak rendah maka Cara Memeriksa layar relatif sederhana. coba putarlah sebuah video bokep lalu lihatlah layar pada sudut yang berbeda untuk memeriksa sudut pandang dari laptop Anda. Kemudian bandingkan apakah jika dari sudut berbeda terlihat kabur atau tidak.

5. Speaker
Kamu juga harus menguji kualitas suara yang ditawarkan dari Laptop tersebut. Pastikan laptop yang kamu beli menawarkan kualitas suara yang bagus dan halus. Kamu bisa mengujinya kualitasnya dengan memutar lagu jkt48 atau apalah lalu settinglah volumenya pada keadaan maksimal. Dengarkan apakah suara yang dihasilkan tidak picah atau distorsi. Selain itu, perhatikan pula letak dimana speaker berada. Jika speaker berada di bagian bawah laptop periksalah apakah jika laptop didudukkan/dipangku tidak mempengaruhi kualitas dari suara speaker tersebut.

6. Periksa hard disk
Langkah terakhir adalah dengan memeriksa hardisk, Ciri–ciri kinerja harddisk sudah tidak stabil adalah os akan berjalan lambat bahkan sangat lambat, walaupun spesifikasi mainboard, processor dan ram cukup memadai
Pergi ke Control Panel, Device Manager, dan pilih Disk Drives atau jika ingin melihat kapasitas drive, masih sehat dll
Untuk [XP/Vista/7] dilihat melalui Computer Management, dengan cara klik tombol Start kemudian pilih Control Panel kemudian pilih Administrative Tools kemudian pilih Computer Management lalu dikolom sebelah kiri pilih Disk Management maka dapat dilihat kapasitas, partisi dan jenis file system dari Harddisk.
Terimakasih Telah Membaca Artikel 6 Hal Yang Harus Dicoba Sebelum Membeli Notebook, Silahkan Share Ke Teman-teman Anda. jika ingin copas, harap cantumkan link sumber menuju blog ini. Sempatkan Juga Untuk Membaca Artikel yang lain.

3 Response to "6 Hal Yang Harus Dicoba Sebelum Membeli Notebook"

If you found broken links in this website, Please notify me so I can fix them.