fb G+ t b RSS

Thursday, October 4, 2012

Tips Agar Baterai Ponsel Android Lebih Awet

Tips Agar Baterai Ponsel Android Lebih Awet
Hallooo sobat, amonyong seloooo, wk kali ini saya akan chibi-chibi aeh coba-coba membuat postingan mengenai android, Ponsel Android saat ini menjadi lebih populer hari demi hari. Jadi diperlukan untuk merawat ponsel dan umur baterai agar awet dan tahan lama. Tapi seperti yang kita semua tahu bahwa OS Android paling sering dalam mengonsumsi daya power baterai dan koneksi internet, pada ponsel Android, kebutuhan internet secara terus menerus digunakan atau online setiap saat dan hal ini akan menyebabkan daya baterai menurun drastis. Jadi mari kita lihat Trik Sederhana untuk Meningkatkan Kehidupan baterai pada Ponsel Android dan Tablet jika Anda adalah seorang pengguna smartphone android, Anda dapat meningkatkan umur pemakaian baterai android anda dengan mengikuti prosedur yang disebutkan di bawah ini. Sebuah tips manual untuk menghemat daya baterai tanpa aplikasi, kecuali jika Anda tidak ingin membebani smartphone Anda tersebut dengan aplikasi tambahan.

Adapun Cara Meningkatkan Umur Pemakaian baterai pada Android adalah
  1. Sesuaikan Brightness Layar Anda
  2. Semua orang tahu bahwa kecerahan Layar android mengkonsumsi banyak daya baterai. Semakin tinggi kecerahan maka semakin menguras daya dari baterai itu sendiri. Kebanyakan smartphone memiliki pilihan auto brightness, meskipun itu adalah pilihan yang baik dan dapat menyimpan sejumlah besar daya baterai tetapi  jika Anda menghabiskan banyak waktu pada lokasi tertentu maka disarankan lebih baik untuk Mengurangi kecerahan layar, semakin rendah kecerahan layar maka semakin rendah pula ponsel dalam mengkonsumsi daya baterai. Hal ini akan membantu untuk Meningkatkan Umur Pemakaian Baterai pada Ponsel Android ataupun Table.

  3. Screen Timeout
  4. Semakin rendah waktu layer mati maka akan semakin baik. Tapi untuk smartphone waktu yang ideal untuk screen timeout adalah 1 menit, tetapi kembali lagi Semakin rendah waktu layer mati maka akan semakin baik, disaranka kamu bisa mengaturnya dengan timeout 20 second saja, karena ada banyak fitur pada ponsel ini dan beberapa layanan sedang dalam proses untuk diselesaikan.

  5. Perhatikan Bar Jaringan
  6. Sinyal yang tinggi jauh lebih baik bagi daya baterai, tetapi jika Sinyal bar sangat rendah maka hal tersebut akan menguras daya baterai. Masalah ini akan sering didapatkan jika kita berada di beberapa daerah atau pedesaan yang mana jaringan di area tersebut tidak memadai. kita tidak dapat melakukan apapun untuk menghindarinya, tapi Jika Anda berada dalam area di mana Anda tahu tidak ada jaringan di tempat tersebut, Maka disarankan untuk mematikan ponsel Android atau mengganti ke mode Offline sehingga sinyal jaringan tidak akan d icek secara terus-menerus dan ini akan membantu Anda untuk Meningkatkan Umur Pemakaian baterai pada Android agar lebih awet.

  7. Kinerja Baterai Akan Lebih Baik Jika Berada di Lingkungan Yang Dingin
  8. Anda mungkin telah memperhatikan bahwa daya baterai ponsel Anda berlangsung lebih lama pada Lingkungan dingin, seperti di ruangan ber AC. Jika Anda mengoperasikan ponsel android di Lingkungan yang panas dalam waktu yang lama, maka hal tersebut akan sangat cepat menguras daya baterai, hindarkan juga meletakkan ponsel di dashbor mobil yang panas, intinya selalu jagu suhu dari perangkat android anda.

  9. Matikan Layanan Yang Tidak Diperlukan
  10. Sederhana saja, cukup mematikan layanan tambahan yang tidak digunakan. seperti WiFi yang seharusnya hanya dinyalakan digunakan karena WiFi mengkonsumsi Banyak daya baterai, juga seperti GPS, Bluetooth dan layanan lainnya yang harus selalu dimatikan saat tidak digunakan. Ini akan memastikan Telepon Anda menghemat daya baterai dan akan membuat bertahan lebih lama.

  11. Ketika Mengisi Baterai
  12. Ini sangat penting, isi baterai Anda hanya ketika Anda mendapatkan Pesan Baterai Bendah. Biasanya Anda hanya harus mengisi baterai Anda ketika memiliki kekuatan 15% dan pastikan Anda mengisinya sampai 100%, Juga non aktifkan semua layanan yang tidak digunakan saat pengisian, hal ini akan mempercepat proses pengisian dan membuat baterai android anda lebih awet.

  13. Tutup Aplikasi Yang Tidak Digunakan
  14. Pada ponsel Android, saat Anda membuka Web, hal ini juga berjalan di latar belakang, dan ketika aplikasi berjalan di latar belakang maka akan Mengkonsumsi banyak daya baterai dan Memperlambat kecepatan dalam memproses sesuatu di Ponsel Android Anda. disarankan untuk menutup browser secara manual. Proses ini jauh lebih sederhana pada Android 4.0 keatas, Untuk gingerbird ada App disebut "Advance Task Killer" yang memungkinkan Anda untuk menutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang. tips ini tidak hanya akan Meningkatkan Umur Baterai Anda, tetapi juga akan Menambah Kecepatan Ponsel Android Anda.
Tips diatas tadi merupakan beberapa tips untuk menghemat daya baterai pada ponsel android dan masih banyak lagi cara untuk Meningkatkan Umur baterai pada Android agar lebih awet tapi saya rasa ini adalah metode paling sederhana dan termudah, sebenarnya ada banyak aplikasi tersebar di google play untuk meningkatkan peforma Battery Anda agar lebih awet, namun Seperti yang saya katakan tadi, tidak semua aplikasi tersebut dapat dipercaya, lebih baik untuk menggunakan metode manual ketimbang menggunakan aplikasi apapun untuk melakukan yang sama.
Terimakasih Telah Membaca Artikel Tips Agar Baterai Ponsel Android Lebih Awet, Silahkan Share Ke Teman-teman Anda. jika ingin copas, harap cantumkan link sumber menuju blog ini. Sempatkan Juga Untuk Membaca Artikel yang lain.

6 Response to "Tips Agar Baterai Ponsel Android Lebih Awet"

  1. bermanfaat sob...hadir pagi.....

    ReplyDelete
  2. @Imran: iya sob, silahkan absen, jangan lupa paraf :D

    ReplyDelete
  3. Saya mau absen juga nanti di kasi nilai D nilaiku ama pak pamil hehehehe

    ReplyDelete
  4. Mantap Infonya
    Thanks sob

    Blog Walking sob
    Kalo bisa Follow blog gue ya
    http://petualangunik.blogspot.com/

    ReplyDelete

If you found broken links in this website, Please notify me so I can fix them.