fb G+ t b RSS

Monday, October 22, 2012

Cara Menstabilkan Koneksi Internet

Masalah yang sering ditemui bagi yang seringmenggunakan modem adalah koneksi internet sering terputus atau idle, bukan cuman sekali tetapi berulang-ulang dan hal ini akan membuat kita kerepotan karena kita harus dial setiap saat. ini dikarenakan oleh beberapa faktor, bisa disebabkan oleh jaringan ataupun karena komputer menganggap server sedang istrahat (tidak ada transfer data yang dilakukan) sehingga akan disconnect dengan sendirinya.
Bagi yang sering menemui masalah tersebut  maka cara termudah adalah dengan melakukan sistem ping agar komputer dan server selalu terhubung.

Apa itu Ping? (bukan ping BB yah!)
Ping (kadangkala disebut sebagai singkatan dari Packet Internet Gopher) adalah sebuah program utilitas yang dapat digunakan untuk memeriksa Induktivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Dengan menggunakan utilitas ini, dapat diuji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya. Hal ini dilakukan dengan mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak diujicoba konektivitasnya dan menunggu respon darinya. (source: wikipedia)

Adapun caranya melihat Koneksi Internet apakah stabil atau tidak sangat mudah, berikut langkah-langkahnya (windows only):
  1. Buka Cmd
  2. ketikkan "ping [alamat web] -tcontoh ping www.google.com -t
  3. Lalu tekan enter
Cara Menstabilkan Koneksi Internet
Jangan tutup jendela cmd tersebut agar proses ping terus dilakukan. (-t artinya terus menerus)

Diatas adalah cara memping suatu situs, bagi kamu yang paling sering online di facebook maka dianjurkan untuk ping situs fb tersebut saja, adapun jika kita sering membuka banyak situs dalam 1 waktu maka disarankan untuk ping dns server real time
adapun cara untuk ping dns server secara terus menerus adalah:
  1. Pertama catat dns server dahulu. untuk melihatnya, buka cmd dan ketikkan ipconfig /all
  2. Cara Menstabilkan Koneksi Internet
  3. Selanjutnya ketikkan Ip DNS servernya di Cmd dengan cara mengetikkan, ping [dns] -t, lalu tekan enter. Contoh ping 112.215.36.204 -t 
Reply terus menerus, dan biarkan aja adapun Proses ini akan memakan data tidak lebih dari 1 kb.
Sekedar tambahan, untuk melihat kecepatan koneksi internet kamu, lihat time replynya
  •  Dibawah 10: sangat stabil (sangat bagus main game online)
  • 10 - 100: artinya stabil
  • 100 - 400: normal
  • 400 - 1000: lambat
  • 1000 keatas: sangat :maho: lambat
Oh yah, untuk menghentikan proses ping tersebut, kamu tinggal menutup jendela cmd tadi
Selamat Mencoba!
Terimakasih Telah Membaca Artikel Cara Menstabilkan Koneksi Internet, Silahkan Share Ke Teman-teman Anda. jika ingin copas, harap cantumkan link sumber menuju blog ini. Sempatkan Juga Untuk Membaca Artikel yang lain.

2 Response to "Cara Menstabilkan Koneksi Internet"

If you found broken links in this website, Please notify me so I can fix them.