fb G+ t b RSS

Saturday, October 27, 2012

Tips Bila Ponsel Jatuh Dalam Air

Apa yang harus dilakukan jika perangkat ponsel kontak atau jatuh ke air???
Mungkin resiko yang paling sering terjadi pada saat boker sambil online di toilet atau berenang di kolam renang sambil update status dan foto ala chibi-chibi di kolam, atau kondisi saat pulang kerja dan terjadi hujan sambil kejar-kejaran waktu kayak film india adalah jatuhnya hp kamu didalam air atau kontak dengan air dan menyababkan perangkat menjadi basah.

Banyak orang yang tidak sengaja menjatuhkan handphonenya di bak mandi kemudian setelah diangkat dia tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya. Jika itu adalah sebuah smartphone dengan fitur tahan air maka kita pasti tak akan khawatir, tetapi bagaimana jika hp itu adalah hp butut warisan emak babe? atau pemberian dari ehem ehem kamu? wk, maka kamu pasti akan berusaha agar hp tersebut kembali normal. Silahkan ikuti panduan di bawah ini untuk mengurangi resiko jika mendapatkan masalah tersebut sebelum kerusakan yang lebih parah terjadi.

Yang Harus Kamu Lakukan
Jika telepon terjatuh kedalam air maka kamu bisa membantu mengurangi resikonya dengan mengeringkannya segera tetapi kejadian ini akan mengakibatkan kita tidak bisa lagi mengajukan garansi perbaikan. Untuk membongkar perangkat memerlukan alat khusus dan sedikit pengetahuan teknis. Jika tidak hati-hati maka kamu dapat merusak perangkat tersebut, jadi saya sarankan agar kamu tidak melakukannya, lakukan langkah berikut:
  1. Pertama, angkat perangkat keluar dari air segera karena karena jika tidak segera makan akan membuat kerusakan yang lebih.
  2. Jangan Dulu mengetes perangkat masih bagus atau tidak dengan menekan tombol apapun, karena ketika kamu menekan tombol, maka air dapat masuk kedalam sela-sela perangkat.
  3. Lepaskan baterai dari perangkat ponsel untuk meminimalkan konsumsi daya dari perangkat, karena dapat menyebabkan kosleting listrik dan kebakaran, wahaha, *lebay*
  4. Lepaskan aksesoris, seperti gantungan hp, kartu memori, kartu SIMsalabim, casing dll.agar proses pengeringan lebih cepat
  5. Gunakan kain lembut kering, bisa juga memakai tusuk gigi tusuk telinga atau apalah, wk  untuk membersihkan semua aksesoris, kartu memori, kartu SIM, Ingat untuk pelan-pelan dalm membersihkannya, pakai perasaan men
  6. Setelah aksesoris kering, maka berlanjut ke perangkat ponsel yang pastinya masih basah  pada bagian dalamnya, basah-basah basah seluruh tubuh, ah ah ah mandi anu, Untuk mengatasi hal ini cara umum tradisonal warisan leluhur emak adalah dengan memasukkan ponsel kedalam beras. Padi kering adalah bahan higroskopis yang lebih baik dalam menyerap kelembaban, silahkan cari di dapur dah..Atau untuk yang lebih efektif, Anda juga dapat menggunakan paket desiccant (seperti kertas yang ada di dalam kotak sepatu, atau juga kertas pembungkus makanan, dll). Kemudian letakkan ponsel dan aksesoris di dalam kotak / kantong tertutup dalam waktu 24 sampai 48 hari aeh jam ke depan untuk meningkatkan efisiensi pengeringan. Di pasaran banyak dijual  pengering yang dirancang khusus untuk tujuan melindungi perangkat elektronik maka kamu dapat membelinya (kondisi jika sangat diperlukan)
  7. Bila perangkat sudah kering, masukkan perangkat lain seperti baterai dll, emudian nyalakan perangkat ponsel, jangan lupa berdoa kepada Allah agar perangkat kembali normal.
  8. Kasus terburuk, perangkat tidak dapat menyala, maka kamu perlu membawa ke pusat layanan atau bengkel atau klinik tong f*ang untuk memperbaikinya.

Jangan Pernah Lakukan Ini (adegan berbahaya)
Ada banyak cara untuk mengeringkan ponsel Anda, namun berikut ini tidak boleh diterapkan karena akan menyebabkan kerusakan pada ponsel, kerusakan bahkan lebih buruk dibandingkan sebelumnya.
  1. Banyak orang percaya bahwa ponsel dapat kering menggunakan pengering rambut atau peralatan panas  seperti oven. Metode ini dapat dengan cepat menguapkan air di mesin, namun suhu tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya. Dalam kasus handset basah, gunakan pengering udara untuk membantu kering lebih cepat tetapi juga membuat uap air mengembun di tempat lain di perangkat. Oleh karena itu Anda tidak harus menggunakan metode berbahaya untuk mengeringkan ponsel Anda, komputer atau perangkat elektronik lainnya.
  2. Dalam forum teknologi, saran yang sering diberikan adalah memasukkan perangkat ke dalam kulkas freezer, bungkus dengan handuk kertas untuk mencegah kerusakan pembekuan. tips ini dijelaskan dengan alasan: "saat suhu rendah basah jika dibiarkan mendekati suhu beku, konduktivitas air akan berkurang, sehingga membantu untuk telepon agar tidak koslet ketika digunakan". Namun hal ini bukan merupakan ukuran jangka panjang karena segera setelah es mencair, telepon Anda akan kembali ke kondisi semula bahkan lebih buruk daripada sebelumnya. Di sisi lain, perubahan suhu dapat mengganggu layar dan rentan terhadap mesin. Jadi ini adalah metode yang tidak harus diterapkan.
  3. Jika ponsel hanya terjebak di luar, banyak pengguna memiliki peralatan sendiri pengeringan dengan swab. Pengeringan kompak dapat membantu kesenjangan kecil seperti jack headphone atau USB port, slot kartu memori microSD. Tapi hati-hati karena kapas dapat terjebak ke dalam perangkat dan merusak telepon Anda.
  4. Salah satu cara lain tertolol adalah dengan mencharge atau mengisi daya secara bertahap yang katanya untuk meningkatkan suhu agar ponsel bisa kering dengan cepat. Tolong jangan lakukan dengan cara ini, karena cara ini berbahaya, bisa-bisa rumah anda yang rusak (kebakaran).
  5. Sebuah peringatan yang sama juga bagi pengguna yang mencoba ddengan jalan melalui microwave. ingat hp tetaplah hp, bukan kue yah

Waspadalah terhadap erosi (oksidasi logam)
,Hal yang patut diwaspadai jika perangkat sudah jatuh kedalam air laut, Walaupun perangkat sudah normal, itu keberuntungan semata karena masalahnya belum benar-benar berakhir. jika logam di dalam perangkat ketika sudah kontak dengan air di udara akan membuat proses oksidasi dan menciptakan karat. Meskipun toko reparasi dapat memperbaiki karat dengan cepat, tetapi hal itu berbahaya jika toko tersebut menyeka perangkat dengan alkohol, jadi, meskipun hp sudah normal tetapi kerusakan tinggal menunggu masalah waktu.

Periksa kondisi garansi
Untuk memastikan kondisi produk garansi, produsen ponsel telah menetapkan eksposur manual  pada perangkat portabel yaang digunakan sebagai tes untuk menerima klaim garansi dari pelanggan. biasanya ditandai dengan stiker putih, jika peralatan terkena air maka secara otomatis akan berubah menjadi merah. Dalam kebanyakan kasus produsen dapat menolak untuk memperbaiki atau mengganti komponen jika label warna nya sudah berubah
Label potongan ditempatkan di posisi yang berbeda untuk setiap jenis mesin, produsen berusaha untuk menyembunyikan mereka dari ujung jari pengguna. maka kamu harus menghubungi produsen untuk mendapatkan bantuan dari mereka. Ini adalah solusi jangka panjang, cara diatas adalah tips semata yang disarankan untuk dilakukan.

Terimakasih Telah Membaca Artikel Tips Bila Ponsel Jatuh Dalam Air, Silahkan Share Ke Teman-teman Anda. jika ingin copas, harap cantumkan link sumber menuju blog ini. Sempatkan Juga Untuk Membaca Artikel yang lain.

0 Response to "Tips Bila Ponsel Jatuh Dalam Air"

Post a Comment

If you found broken links in this website, Please notify me so I can fix them.